free flash stats Perkembangan Internet Di Indonesia Yang Sering Terlupakan - LayananInternet.com

Perkembangan Internet Di Indonesia Yang Sering Terlupakan

Sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa internet pada mulanya diciptakan dari negara Amerika, tepatnya yang semula bernama APARNET kemudian bertambah dengan kemunculan MILINET sehingga keduanya bersatu dan menghasilkan DARPA internet, sampai sekarang akhirnya disebut sebagai internet. Tetapi, bagaimana perkembangan internet yang ada di Indonesia sendiri? Bagaimana prosesnya hingga jaringan yang dibuat oleh negara Amerika tersebut Berhasil masuk ke Indonesia dan akhirnya sampai sekarang menjadi sebuah kebutuhan dan selalu digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu adalah jenis pertanyaan yang sangat jarang sekali ditanyakan dan diajukan oleh masyarakat atau pengguna internet, kebanyakan dari mereka bersikap acuh padahal, dengan mengetahui bagaimana perkembangan sistem jaringan internet di Indonesia akan menambah wawasan menjadi lebih luas.

Perkembangan Internet Di Indonesia

Perkembangan Internet Di Indonesia

Apabila Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang perkembangan internet yang ada di Indonesia, serta memiliki berbagai pertanyaan lain simaklah penjelasan berikut ini. internet mulai masuk ke Indonesia awalnya pada tahun 1990 an, berbeda dengan di Amerika, jaringan internet yang masuk ke Indonesia oleh masyarakat setempat lebih sering disebut sebagai paguyuban network.

Dimana paguyuban ini juga memiliki anggota yang sangat menjunjung tinggi kekeluargaan, gotong royong bahkan kerjasama yang begitu hangat. Setelah itu, jaringan atau paguyuban internet ini semakin mengalami perkembangan sampai akhirnya terasa lebih dikomersilkan dan lebih individual dibandingkan pada saat awal kemunculannya, segala aktivitas yang melibatkan perdagangan internet.  Anda juga harus mengetahui bahwa semula, tulisan-tulisan yang ada dan terdapat di dalam internet bersumber dari kegiatan amatir radio khusus di amateur radio cluc (ARC) ITB pada awal tahun 1990 an.

RMS ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan dan masih banyak tokoh lainnya yang berjasa dalam bidang perkembangan internet di Indonesia, terutama pada tahun 1992 sampai dengan 1994. Setiap personil yang disebutkan tersebut memiliki kontribusi yang besar terhadap berbagai perkembangan sistem jaringan internet yang ada di Indonesia, seperti Harya sudirapta yang memiliki sebuah pesawat transceiver HF SBB Kenwood TS430, komputer Apple II milik Onno W Purbo dan belasan anak ITB lainnya yang mengisi atau mengurus ARC.

Diantara semua nama-nama yang sudah disebutkan, ada satu nama yang tak kalah memgang andil penting yaitu Robby subiakto, ia adalah seorang pakar diantara para amatir radio lainnya yang ada di Indonesia.

Robby subiakto juga menjadi seorang koordinator IP pertama yang berasal dari AMPR net (Amatir Packet Radio Network). Yang dimana dalam sistem internet dikenal sebagai AMPR.org dan sebuah IP jenis 44.132. mulai tahun 2000, AMPR net beralih tangan dan dikoordini Onno W Purbo, perkembangan internet dimulai dari koordinasi dan segala aktivitasnya menjadikan seseorang wajib menjadi anggota ORARI yang nantinya dikoordinasi menggunakan sistem mailing list ORARI salah satu situsnya adalah orari-news@yahoogroups.com. Kemudian seoiring kemajuan ilmu pengetahuan diantara anggota-anggotanya hingga jaringan ini tumbuh semakin pesat dan sama seperti yang terjadi di Amerika Serikat yaitu, berubah menjadi jaringan Internet sampai sekarang ini.

Baca : Sejarah Internet Dunia Yang Tidak Boleh Anda lupakan

Perkembangan internet di Indonesia sedikit berbeda dari yang terjadi di Amerika, siapa sangka sebetulnya sejak zaman dulu, sudah banyak masyarakat Indonesia yang pintar dalam sistem Komunikasi dan Internet.

Tanpa mereka semua mungkin saja internet tidak akan berkembang sepesat sekarang ini, itulah pengetahuan tambahan tentang perkembangan sistem jaringan internet yang sudah banyak dilupakan oleh masyarakat, semoga bermanfaat.