free flash stats Sejarah Internet Dunia Yang Tidak Boleh Anda lupakan - LayananInternet.com

Sejarah Internet Dunia Yang Tidak Boleh Anda lupakan

Sekarang ini, penggunaan internet sudah seperti kebutuhan wajib tersendiri, hampir semua masyarakat dalam aktivitas sehari-harinya selalu menggunakan internet. Mulai dari chatting, bermain sosial media, membaca berita, menonton film sampai dengan membeli sesuatu (online shop). Segala kemudahan yang ditawarkan oleh sistem internet ini mampu menghipnotis siapa saja, apapun yang dibutuhkan semuanya tersedia dalam internet ini. Untuk menggunakan internet pun cukup mudah, hanya bermodalkan laptop, pc ataupun smartphone seseorang sudah bisa berselancar di dunia maya.

Melalui internet juga seseorang dapat mencari pundi-pundi rupiah bahkan, mencari pekerjaan melalui internet jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara manual. Di balik itu semua, sebetulnya tahukah Anda bagaimana sejarah internet ini bermula?.

Meskipun sering menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya, tidak sedikit masyarakat atau mungkin Anda sendiri yang tidak mengetahui bagaimana sejarah internet. Hal ini adalah hal biasa yang sering terjadi di kalangan masyarakat, selalu menggunakan suatu produk namun tidak tahu dan tidak mau tahu tentang asal usul suatu produk tersebut.

Alhasil, banyak masyarakat yang menyalahgunakan internet, padahal awalnya internet ini adalah sebuah hjaringan komputer yang dibentuk oleh DPAS (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) sekitar pada tahun 1969 dalam proyek bernama ARPA atau yang biasa disebut juga sebagai ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

sejarah internet

Sejarah Internet Dunia Yang Tidak Boleh Anda lupakan

Mereka mendemonstrasikan sebuah hardwere dan softwere komputer berbasis UNIX yang dapat menghubungkan atau mengkomunasikan seseorang dalam jarak jauh, bahkan yang tidak terjangkau oleh telepon biasa. Proyek ARPANET ini memuat semua standar yang nantinya akan menjadi akar mulanya TCP yaitu Transmission Control Protocol atau yang bisa juga disebut sebagai Internet Protocol.

Pada awalnya proyek tersebut dibangun dengan tujuan untuk keperluan militer, sejarah internet ini juga bermula pada saat departemen pertahanan Amerika Serikat  membuat sebuah jaringan komputer yang kemudian disebar di berbagai daerah dan menghubungkan komputer-komputer yang ada di daerah vital untuk mengantisipasi sekaligus mengkomunikasikan masalah apabila sewaktu-waktu terjadi serangan nuklir.

Di awal masanya, ARPANET ini hanya mampu menghubungkan 4 jenis situs saja yaitu Santa barbara, university of california, stanford researchinstitute dan university of utah. Keempat situs tersebut membentuk suatu jaringan yang padu sejak 1969,  setelah itu ARPANET mulai dikenalkan kepada masyarakat dunia sejak tahun 1972 tepatnya adalah di bulan oktober.

Tidak lama setelah dikenalkan kepada masyarakat, sejarah internet inipun berlanjut dengan semakin banyaknya pihak universitas dunia yang melirik sistem program APARNET. Sampai akhirnya semua proyek yang digarap oleh APARNET mengalami perkembangan yang begitu pesat, perkembangan yang sangat pesat dan diluar kendali ini menyebabkan APARNET kesulitan dalam melakukan manajemen, semakin banyaknya pihak yang ingin mengembangkan sistem internet ini menjadikan APARNET membagi menjadi dua yaitu dengan memunculkan MILINET.

Baca juga : Ingin Tahu Apa Saja Manfaat Internet? Ini dia manfaatnya

Dengan terbagi dua seperti ini maka ruang lingkup kerja keduanya pun menjadi berbeda, jika pada mulanya APARNET hanya menangani militer tetapi kini APARNET hanya menangani perusahaan, universitas dan sebagainya sedangkan masalah kemiliteran, semuanya ditangani secara optimal oleh MILINET. Kombinasi keduanya menjadikan sebuah jaringan yang dikenal sebagai DARPA internet dan sampai sekarang akhirnya dirubah menjadi INTERNET.

Itulahh sekilas pengetahuan tentang sejarah internet yang harus Anda ketahui dan tidak boleh dilupakan, dengan mengetahui sejarah suatu produk pastinya akan membuat Anda semakin bijak dalam penggunaan produk tersebut, termasuk dalam proses penggunaan internet ini.